Selasa, 18 Agustus 2015

Seminggu di Borneo

Lebaran kemarin, kali pertama aku menginjakkan kaki di pulai lain selain pulau Jawa. Yee aku terbang ke Kalimantan. Tahun ini Abi kebagian lebaran di perantauan, berhubung aku libur 10 hari, lumayan lah bisa jalan-jalan di perantauan Abi.

Kali pertama juga aku naik pesawat, berangkat dari Jogja jam 15.00 WIB delay 1 jam lebih  sampai Balikpapan jam 17.30 WITA (karena disana satu jam lebih cepet dibanding di Jawa). Begitu sampai di Balikpapan, imaginasiku mengenai betapa udiknya kalimantan musnah sudah. Dalam benakku kalimantan itu pelosok dan isinya hutan belantara. Eh ternyata bandaranya Balikpapan aja jauh lebih bagus dibanding Jogja ato Semarang yang hampir mirip T*rminal. Hihihii

Assalamualaikum, salim dulu sama Abi. Ihiiir akhirnya ketemu lagi setelah 2 bulan terpisah pulau yang berbeda. Abi jemput aku di bandara Balikpapan, tadinya mau berangkat ke Samarinda sendiri naik travel, tapi Ibuku kayaknya agak ketakutan dan Abi juga kayaknya nggak tega, jadilah aku dijemput aja. Oiya di Balikpapan aku sempet ketemuan sama Mersi, a.k.a Tri Marsiatun, temen sebangkuku di UNY. di Jogja juga aku sempet ketemuan sama Tarindut, calon pengantin yang bentar lagi mau menyusulku.

Perjalanan Balikpapan - Samarinda memakan waktu kurang lebih 3 jam. Selama di Samarinda aku sama Abi ngekos di Jalan Suryanata, juga sewa motor ke ibu kosnya. begitu sampai di sana udah larut malam, jadi aku nggak bisa liat pemandangan di jalanan Samarinda.

Hari Pertama kita jalan-jalan ke Tenggarong, kota di seberang sungai Mahakam yang dulu sempat geger di berita karena jembatannya yang putus, akses menuju Tenggarong dari Samarinda untuk sementara saat ini menggunakan kapal, aku sama Abi plus motornya naik ke kapal. Dengan biaya yang cukup murah senilai 5000 rupiah, kita bisa sampai di Tenggarong. sampai sana kita jalan-jalan ke kuseum kayu dan museum apa ya lupa namanya, tapi tutup.

Hari Kedua, kita sholat Ied di masjid Islamic Center Samarinda, makan soto banjar buatan ibu kos. Sorenya kita ke tempat kerja Abi di Jembayan. perjalanan dari Samarinda kota ke site lumayan lama sekitar 1,5 jam. Abi nyelinapin aku masuk ke lokasi tambang lewat jalan kampung yang udah rusak and bikin perut mules. nyampe lokasi kita foto-foto tapi berhubung hari sudah mulai gelap dan mendung jadi kita langsung pulang ke kosan.

Hari Ketiga dan Keempat kita habiskan di Kota Bontang, tujuan utama kita adalah ke Bontang Kuala dan Pulau Beras Basah. Jarak dari Samarinda - Bontang lumayan jauh, memakan waktu sekitar 3 jam. Lumayan kerasa jauh karena jalannya sepi, kanan kiri hutan belantara jalannya sebagian rusak. nggak kebaya kalo motoran malem-malem lewat sana. ada sih rumah penduduk, tapi jarang banget. Sampai di Bontang udah agak sore, udah kesorean kalau mau nyebrang ke Beras Basah.
Rapi dan sepi, itu kesan pertama aku di Bontang. Perjalanan kesana kita ngandelin GPS di android Abi, eh nggak tahunya kurang akurat. Akhirnya kita ngikutin rute plang penunjuk jalan aja deh. Sampailah kita di Bontang Kuala, Kelurahan di Bontang yang penduduknya tinggal di atas air, rumah mereka dibangun pakai kayu ulin, sempet takut njeglos juga pertama naik motor di atas kayu. sorenya kita bingung mau kemana, pulang ke Samarinda nggak mungkin, udah kesorean.
Tadinya mau ke Sangatta, silaturahmi ke rumah Ulil temen SMA ku yang sekarang ikut suaminya disana, tapi paginya kita rencana mau ke Kampung Dayak, nginep aja di Bontang deh semalam.

Hari berikutnya, aku sama Abi ketemuan sama Ulil & Mas Giri (suaminya) di Ramayana, sarapan bareng terus ke Bontang Kuala, mau cari kapal buat nyebrang ke Beras Basah. Beruntung ada rombongan keluarga dari Samarinda yang mau nyebrang juga, jadi kita lumayan murah patungan sewa kapalnya. Perjalanan di kapalnya sih seru, lautnya bersih, biru. tapi begitu sampai sana. tetooot kita menjumpai zonk, pantainya nggak seindah dalam bayangan kita. muter-muter pulau Beras Basah & foto-foto sampai bosen mau ngapain lagi, si bapak rombongan yang bareng kita minta pulangnya agak sorean, boring deh sampai sore dipantai yang kayak  gitu-gitu doank. Masih bagus pantai-pantai di Gunung Kidul menurutku.

Rencana kita mau ke kampung dayak gagal karena pulang ke Samarinda udah sore, takut jalanan keburu gelap jadi kita langsung pulang aja.

Hari Kelima, hari ini hari terakhirku di Samarinda, sorenya kudu berangkat ke Balikpapan karena pesawat kita pagi-pagi banget berangkatnya, jadi daripada  ketinggalan pesawat mendingan berangkat hari sebelumnya. Rencana berngkat pagi, biar bisa jalan-jalan sebentar di Balikpapan, tapi kita nggak dapet carteran mobil pagi-pagi, ya udah deh nyampe Balikpapan malem lagi, langsung bobok di Resornya Pama Balikpapan.

Begitu cerita libur lebaranku di Borneo, semoga lebaran tahun depan kita udah nambah anggota keluarga ya Abi, nggak kemana-mana nggak papa deh.